Budidaya lele merupakan salah satu kegiatan usaha kelompok Tani Madani Desa Petaling JayaKecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu dibidang perikanan. Kegiatan Usaha budidaya lele ada yang menggunakan sistem konvensional dan juga budidaya lele sistembioflock.

 

Budidaya lele sistem bioflock merupakan salah satu bentuk perkembangan ilmu pengetahuan dibidang perikanan dan masih sedikit petani ikan yangmengetahui tehnik budidaya lele sistem bioflock ini. Hal ini tentu sangat disayangkan, karena jika dibandingankan budidaya lele sistem bioflock dengan sistem konvensional, masih lebih bagus dan effisien menggunakan sistem bioflock.Budidaya lele sistem bioflock adalah suatu tehnik menumbuhkan jenis bakteri heterotof di dalam kolam budidaya yang bertujuan memanfaatkan limbah amonia menjadi pakan berprotein tinggi.

 

zainudin,S.Pi
Zainudin,S.Pi

 

 Dalam kegiatan budidaya ikan lele, terdapat aktifitas pemberian pakan yang umumnya pakan yang diberikan oleh petani ikan berupa pakan pelet buatan pabrik. Ada banyak macam jenis pakan pelet buatan pabrik, namun intinya pakan pelet buatan pabrik tersebut mengandung kadar protein yang tinggi.

 

Dalam pemberian pakan pada ikan budidaya, mayoritas petani ikan menggunakan cara yang bersifat adlibitum, sehingga banyak pakan pelet yang terbuang percuma dan tidak termakanoleh ikan budidaya. Pakan yang tidak dimakan oleh ikan budidaya kemudian akan mengendap dan lama kelamaan akan terjadi penumpukan sisa-sisa pakan.

\"\\"\\\\"\\\\"\\"\"

 

Bioflock INHU
Kolam Bioflock

 

 

Sisa-sisa pakan lama-kelamaan akan menyebabkan kualitas air pada kolam budidaya menjadi tercemar hal ini akan menyebabkan nilai parameter kualitas air pada kolam budidaya seperti amonia,nitrat,pospat dan DO menjadi tidak sesuai dengan ambang batas dan daya dukung ikan budidaya untuk berkembang selain itu kualitas air yang buruk akan menjadi sumber penyakit bagi ikan.

 

Zainudin,S.Pi yang merupakan anggota sekaligus sebagai ketua Kelompok Tani Madani Desa Petaling Jaya Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu, telah menerapkan budidaya lele sistem bioflock. Dengan bekal ilmu yang diperoleh semasa kuliah, beliau mencoba memberikan contoh bagi masyarakat untuk merubah cara budidaya lele dari sistem konvensional menjadi sistem bioflock.

 

“ Budidaya lele sistem bioflock,memiliki banyak kelebihan diantaranya dengan menggunakan sistem bioflock ini, lebih efisien dalam penggunaan air. Air pada kolam budidaya tidak perlu diganti karena air akan tetap bagus dan tidak bau walaupun sudah berbulan-bulan, sehingga untuk daerah yang sumber airnya terbatas, budidaya lele sistem bioflock merupakan solusi untuk mengatasi ketersedian air yang terbatas” ujar zainudin.

 

tebar bibit lele sangkuriang
Proses Penebaran Bibit Pada Kolam Bioflock

 

Selain itu, dengan menggunakan sistem bioflock ini, padat tebar dapat ditingkatkan menjadi 1000-2000 ekor/M3. Bagi masyarakat yang memiliki lahan terbatas, sudah tidak ada kendala lagi untuk melakukan usaha budidaya lele. Dengan menggunakan padat tebar tinggi,produksi pun bisa ditingkatkan.

 

Penggunaan pakan dalam budidaya lele sistem bioflock dapat ditekan,karena dalam sistem bioflock,kita akan menumbuhkan sejenis bakteri yang berfungsi untuk menguraikan sisa-sisa pakan dan feses ikan sehingga kualitas air pada kolam budidaya akan selalu terjaga kualitasnya dan pertumbuhan ikan lele akan bagus karena resiko ikan terserang penyakit menjadi kecil. Selain itu, jenis bakteri yang berfungsi menguraikan sisa pelet dan feses merupakan bakteri yang mengandung protein tinggi sehingga secara tidak langsung dapat menjadi sumber makanan bagi ikan lele.

 

“Harapanya tidak hanya saya dan kelompok Tani Madani saja yang menerapkan budidaya lele sistem bioflock ini, namun seluruh masyarakat Desa Petaling Jaya hususnya dan masyarakat Kecamatan Batang Cenaku Umumnya juga akan menerapkan budidaya  lele sistem bioflock”ujar Zainudin

 

Namun dukungan, arahan dan bimbingan dari semua pihak terkait dalam hal ini pemerintahan desa, Penyuluh Pertanian BP3KKP Kec. Batang Cenaku, Camat Batang Cenaku dan Dinas Perikanan dan Peternakan Kab.INHU sangat dibutuhkan demi maju dan berkembangnya sektor perikanan di Kabupaten Indragiri Hulu ini.

 

Saturday, 10 September 2016 02:23

Sekapur Sirih Dari Kami Kelompok Tani Madani

Written by

Selamat datang di website Kelompok Tani Madani Desa Petaling Jaya Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Website www.tanimadani.com adalah website resmi Kelompok Tani Madani. Website tanimadani.com merupakan sarana publikasi kegiatan Kelompok Tani Madani, sehingga informasi tentang Kelompok Tani Madani dapat diperoleh dan diakses oleh siapun di seluruh belahan dunia.

 

Profil Kelompok Tani Madani, Pembentukan Kelompok Tani Madani,berita acara pendirian Kelompok Tani Madani, daftar pengurus dan anggota Kelompok Tani Madani,peraturan tata tertib Kelompok Tani Madani merupakan salah satu informasi yang bisa diperoleh dari website resmi Kelompok Tani Madani.

 

Tanimadani.com fokus bergerak dibidang pertanian,perikanan dan peternakan, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka berkembang pula cara-cara atau metode yang  dapat diterapkan dalam merealisasikan kegiatan usaha dibidang pertanian, perikanan dan peternakan.

 

Tani madani.com merupakan salah satu cara yang dilakukan kelompok untuk menuju kesuksesan kelompok dan anggotanya, sehingga diharapkan kelompok tani madani dapat menjadi sebuah kelompok tani yang maju, berkembang dan dapat di jadikan contoh oleh kelompok-kelompok tani lain yang terdapat di Kabupaten Indragiri Hulu.

 

Untuk menjadi suabuah kelompok tani yang lebih baik, maka kami pengurus dan anggota kelompok Tani Madani mengharapkan arahan, nasehat dan bimbingan dari pihak-pihak terkait, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan Dan Peternakan serta pihak-pihak lainnya.

 

Friday, 09 September 2016 12:47

Pembentukan Kelompok Tani Madani

Written by

Kelompok Tani Madani dibentuk pada hari Rabu, 02 September 2015 di DesaPetaling Jaya Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indra Giri Hulu Provinsi Riau. Musyawarah pembentukan Kelompok Tani Madani dihadiri  oleh peserta musyawarah yang terdiri dari Kepala Desa Petaling Jaya, Penyuluh Pertanian Desa Petaling Jaya,masyaraka, petani serta pelaku usaha dibidang pertanian dan perikanan.

Instagram
Powered by OrdaSoft!